Rabu, 19 November 2008

RESEP AYAM JACK-D

Oww...suatu saat aku menemukan sebotol whiskey di lemari es, kondisi sudah terbuka dan tinggal 3/4. Dalam hati aku bergumam masa sih...papaku minum, kan dia dah putuskan selesai minum sejak aku kembali dari Jogja.














Ketika klarifikasi ternyata whiskey itu untuk aku dari Om ku di Negeri Denpasar. Wah...aku kan sudah quit ngombe juga nih...daripada ribet mikir, akhirnya whiskey diputuskan untuk dibantai oleh Ksatria Wajan.

Wohoho....alcohol 40% nek, nenek pake cutbrai....lambai-lambai...
tapi kalo dah masuk wajan pastilah jadi uap...halaahhh...


Ya sudahlah...mari kita tampilnya...

RESEP AYAM JACK-D

Bahan
- 5 buah sayap ayam
- 3 bw putih, haluskan
- 10 butir merica, haluskan
- 1/3 cup whiskey
- 1/2 sdt basil kering
- 3 sdm minyak zaitun
- 1 sdm kecap manis
- 1 sdm saos tiram
- 1 1/2 gula pasir / 2sdm madu
- 1 sdt garam
- 1/2 gelas
(100 ml) Air

Yok Masaakk!!!

1. Potong sayap ayam, persis seperti gambar dibawah ini



























bagi 3 seperti ini, ketika memotong carilah celah pas sendi tulang muda, akan sangat mudah untuk melakukan pemotongan.


2. Lumuri ayam dengan
bw putih, merica, whiskey,
basil kering, minyak zaitun, kecap manis, saos tiram,
gula , garam. Diamkan selama 10 menit hingga meresap.















3. Panaskan sedikit minyak, tumis ayam sebentar,
lalu masukan air.

4. Masak ayam hingga air habis, aduk sebentar hingga
bumbu melekat pada daging ayam (warna berubah
coklat ranum dengan sedikit setengah gosong, sedikiiiitttt
bangeetttt...gosongnya, susah menjelaskannya deh...)

5. Silakan dinikmati selagi hangat,
coz kalo dah dingin ga afdol tuh...
kalo dingin tinggal diangetin lagi lah...














NB: Tekstur daging lembut tapi jadi renyah seperti daging buah apel, sari pati daging tetap terkunci karena efek whiskey pada daging.

2 komentar:

Jatmiko W mengatakan...

aku jadi terinspirasi Bu...makanane enak2 yumie2...
_beberapa pnah aku coba: opor (tapi mungkin kelg g suka pake kayu manis), hari ini mau bikin donut kentang (kay suka soalnya) tapi nyoba resep Tante Reta tung...tung...ntar ta kasi tau sukses apa nggak...makasih jeng...resepnya nendang!

serdadoedapoer mengatakan...

Sipp...ta' tunggu kabarnya