Jumat, 19 September 2008

Ayam Panggang Pedas














Dahulu kala...pernahlah aku di ajak makan sama si Emak di daerah kedewatan, warung nasi ayam yang lumayan terkenal di sana (karena tidak ada warung lain yang harganya murah di Ubud), awal hati senang dan ceria.....

Kata si Emak sih enak, dan dia juga favorit makan disana, dan aku manut aja, coz tak ada pilih
an lain (dalam artian ga' tahu warung yang enak di daerah sana)

Satu p
orsi waktu itu harganya Rp. 5,000-an berisi nasi dan beraneka macam lauk ayam berbagai bumbu dan goreng garing bersambal dimana-mana. Siip....saking laparnya aku lahap deh tuh nasi ayam...

tapi..... selesai makan mulutku berdarah-darah,
penyebabnya adalah potongan ayam yang sangat kasar, sehingga membentuk tulang ayam menjadi tajam, tulang belulang ini melukai langit mulutku dan aku tidak bisa menikmati makanan ini sungguh sakit mulutku ini...(bayangkan saja tulang2 ini masuk lambungku, melukai dan membuat kambuh Tipusku seribu kali lipat, OMG)
(padahal masakannya biasa aja, ga seenak masakan ayam betutu buatan Nenekku)

Hal yang lebih buruk lagi adalah.... kali lain aku ke Ubud, aku makan ditempat yang sama dan berdarah-darah juga COZ.... tidak ada tempat lain yang jualan harga standard.

Akhirnya aku beralih pada Babi Guling di daerah
Ubud Mas yang uenak banget en murah, sampe sekarang pun kalo ke Ubud pasti makan disana Top markotop deh.....

Nah berhubung ingat dendam lama yang tersumbat!!
aku berikan resep ayam yang enak-enak, tidak melukai bagian dari tubuh manusia manapun


RESEP AYAM PANGGANG PEDAS
Bahan


- 1/2 Kg Ayam, potong ayam dengan benar sesuai aturan!
- 8 Bw merah
- 3 bw putih

- 1 sdm lada hitam
- 3 sdm Saos sambal
- 1 sdm saos tiram
- 2 sdm gula

- 1 sdm garam
- 1/2 sdt asam

Yok Masak...!!!

1. Haluskan semua bahan kecuali ayam

2. Siapkan wajan beri air setengahnya, masukan a
yam bersama bumbu, rebus dengan api kecil selama 30 menit, lalu angkat.




















3. Pindahkan ayam ke piring aluminium tray dan siap dipanggang dalam oven selama 15 menit dengan temperatur 200 ÂșC















3. Setelah matang dinginkan dalam oven
















4.
Ayam siap disantap (Boleh dijambal atau dimakan bersama Salad)





2 komentar:

Anonim mengatakan...

request dong neng!!!
minta resep spageti nyang waktu ntu reta bawain yang keju ma yang saus tomat pake bola2 daging.. mm yummy dech...

serdadoedapoer mengatakan...

boleeeh...tapi barter pake mie titie yg ada di taman Griya, ato bisa ko' diganti pake majalah gourmet 1 ajah..