Senin, 15 Juni 2009

PESTA KESENIAN BALI Ke-31 2009 Part I


Pesta Kesenia Bali dibuka pada hari sabtu tanggal 13 Juni 2009, yah.. seperti biasa berisi pawai dari partisipan yang berasal dari beberapa kabupaten, beberapa propinsi dan beberapa dari luar negeri.

Aku hanya sempat datang pada Minggu malam, dan sebuah keberuntungan pada hari minggu malam, ada pagelaran partisipan dari Jepang yaitu SOEI production TV, lokasi di panggung terbuka Ardha Chandra.

Partisipan yang satu ini sudah berkali-kali memeriahkan Pesta Kesenian Bali, pada tahun 2004 dan 2007, pada tahun 2009 mereka kembali mengisi acara di Pesta Kesenian Bali.

Dengan mengambil tema pada jaman Edo, alkisah ada sebuah daerah yang aman tenteram yang dijaga oleh para samurai yang baik hati. Namun malang, pada saat samurai pelindung lengah ada sekelompok samurai jahat membuat onar dan membunuh warga kampung dengan kejamnya, dan warga yang selamat pun melapor pada samurai pelindung, dengan rasa menyesal dengan segala kelalaian dan dendam yang membara, mereka berjanji akan mencari si pembantai.

Disaat yang sama para bidadari turun, dan membawa arwah warga yang terbantai ke surga.
Samurai Pelindung mengirimkan ninja untuk melawan para samurai jahat yang sedang mabuk-mabukan, tapi tidak berhasil, dan sebaliknya para ninja pun terbantai oleh samurai jahat.

Maka ke empat samurai pelindung berhasil bertemu dengan gerombolan samurai jahat, dan mehabisi satu persatu kecuali ketua kelompoknya, karena pada akhirnya samurai pelindung berpikiran tidak ada gunanya menghilangkan nyawa lagi atas nama dendam, maka samurai pelindung melepaskan ketua samurai jahat yang sudah bonyok, dengan syarat samurai jahat tidak mengulangi perbuatan jahatnya.

Yak Sekian….

Ini sih cuma opiniku pribadi, karena tidak ada translator bahasa jepang, rasanya seperti nonton Charlie Chaplin . Tapi keseluruhan Chapter sudah dijelaskan oleh narator aneh yang tidak tahu kata orang ketiga jamak.


Untuk menonton tidak ditarik bayaran alias gratis, karena ini adalah pesta rakyat.


Penonton sudah memenuhi tempat duduk, kecuali kursi untuk para tamu undangan separuhnya kosong, dan separuh lagi dipenuhi grup dari SOEI TV. Karena ada sedikit provokasi dari pihak panitia PKB untuk mempercepat gladi bersih, hal ini membuat para penonton sedikit tidak sabar menunggu, karena acara agak sedikit ngaret.

Aku pikir ini cuma masalah Sikon saja,
ternyata kelompok SOEI TV melakukan gladi resik pada hari ini juga, mungkin karena jadwal acara di Ardha Chandra sangat padat.


Ini tarian pembuka sebelum cerita dimulai, anak-anak ini menari sangat expresif, dan mereka mengenakan 2 pakaian, sehingga mereka dengan cepat bisa mengubah warna pakaian.





Permulaan cerita, warga desa melakukan doa


Warga desa dimainkan oleh anak-anak, menari gembira karena hari ini mereka diberkati.




Para samurai pelindung desa


Ini adalah samurai yang melakukan pembantaian terhadap warga desa



Wajah bushido ini mengingatkanku dengan lukisan klasik Jepang





Ini situasi dimana warga desa akan di bantai oleh samurai jahat




Pertunjukan yang sangat menghibur, dan aku yakin para pemain di Sendratari ini merasa bangga jauh-jauh datang dari Jepang untuk mengisi acara PKB ke-31, dan dapat menghibur penonton disini, sungguh suatu kebahagiaan yang tidak tergantikan oleh apapun.

Jadi aku menghargai mereka dengan tepuk tangan yang sangat keras di akhir acara.

Yep, Sugoi Nee...



2 komentar:

Rian Dinata mengatakan...

saya terkesan banget dengan cerita didalam drama/theater samurai jepang......
saya larut dalam pertunjukan tersebut dan tanpa disadari saya mengeluarkan air mata sampe2 teman perempuan saya yang duduk persis disamping saya tertawa melihat saya meneteskan air mata!!!!!
tapi apa boleh buat ceritanya betul2 membuat hati saya luluh!!!!!
dan memang saya mudah mengeluarkan air mata kalau malihat cerita2 seperti itu!!!!!!!!
duhh jdi pengen ke bali lagi!!!!!
bentar lagi acara PKB diadain lagi kan??
maap kalau saya udah curhat disini

serdadoedapoer mengatakan...

Yak betul sekali, Pesta Kesenian Bali selalu diadakan pertengahan Bulan Juni. Untuk tahun 2010 ini pembukaan pada hari sabtu tanggal 12 Juni. Untuk lebih lengkap tentang jadwal PKB bisa dilihat di http://www.baliculturegov.com/component/content/article/8-news/27-jadwal-sementara-pkb-tahun-2010.html